DPRD Banjarmasin Tetapkan APBD Perubahan TA 2023 Senilai Rp2,6 Triliun | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 19 September 2023

DPRD Banjarmasin Tetapkan APBD Perubahan TA 2023 Senilai Rp2,6 Triliun

BERITABANJARMASIN.COM - DPRD Banjarmasin telah menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 senilai Rp2,6 Triliun.

Penetapan nilai APBD Perubahan 2023 ini dilaksanakan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Harry Wijaya dan didampingi unsur pimpinan lainnya, HM Yamin HR, Matnor Ali dan Tugiatno bersama Pemkot Banjarmasin Senin (11/9/2023).
Dalam struktur APBD Perubahan 2023 itu diketahui, anggaran pendapatan daerah yang ditetapkan yakni sebesar Rp2,6 Triliun, angka ini naik dibanding APBD murni 2023 yang hanya sebesar Rp2,3 Triliun lebih.

Sedangkan Belanja Daerah sebesar Rp2,7 triliun atau naik dibanding APBD murni sebesar Rp2,5 triliun. Kemudian untuk pembiayaan daerah sebesar Rp150 miliar atau turun dibanding APBD murni yang ditetapkan sebesar Rp188 miliar.

Penetapan jumlah anggaran pendapatan dan belanja tersebut disampaikan Harry sebelumnya telah dibahas intensif di Badan Anggaran (Banggar) bersama Tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). "Hasilnya itu kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah Banjarmasin," ucapnya.

Dikatakan Harry melihat pada struktur anggaran APBD Perubahan tersebut, antara nilai pendapatan dan belanja daerah memang tidak sebanding. Bahkan terjadi defisit anggaran yang cukup besar.

"Jadi memang ada defisit sekitar Rp150 Miliar lebih," ucapnya.

Semoga nantinya kekurangan anggaran itu terangnya dapat tertutupi oleh Bantuan Dana Bagi Hasil (DBH) baik yang bersumber dari Pemprov Kalsel maupun pemerintah pusat.

"Kami harap Pemkot semakin meningkatkan kinerja dalam pencapaian target, baik dari sisi pendapatan maupun pelaksanaan program yang sudah direncanakan," paparnya.
Sementara itu, Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor menyampaikan apresiasi atas sinergitas bersama antara Badan Anggaran (Banggar) dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dalam penyusunan APBD Perubahan 2023.

Kerjasama ini kata Harry bagian dari komitmen dan tanggungjawab bersama baik legislatif maupun eksekutif terhadap pengelolaan anggaran yang transparan dan berkualitas.

Terlebih lanjutnya, dalam APBD Perubahan 2023 ini bertujuan untuk mempercepat capaian target pembangunan yang telah direncanakan bersama. (maya/adv)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner